PT. JASINDO REALISASIKAN KLAIM ASURANSI TERNAK

PT. JASINDO REALISASIKAN KLAIM ASURANSI TERNAK

PT. Asuransi Jasindo Medan pada Senin (1/4) telah merealisasikan pembayaran klaim Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) kepada 3 kelompok tani di Kabupaten Langkat. Adapun ketiga kelompok tani yang memperoleh pembayaran klaim dimaksud adalah Kelompok Tani Sahata, Desa Selayang Kec. Selesai, Kelompok Tani Maju Sub Peternakan, Desa Durian Lingga Kec. Sei Bingei dan Kelompok Tani Serasi, Desa Durian Lingga Kec. Sei Bingei. Masing-masing kelompok menerima klaim sejumlah Rp. 10.000.000.

Penyerahan klaim dimaksud dilaksanakan dalam rangkaian Acara Panen Jagung dan Panen Pedet di Desa Purwobinangun Kec. Sei Bingei yang dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara, Bupati Langkat, dan Direktur Kesehatan Hewan Dirjen PKH Kementan RI. Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis Polis Asuransi Ternak kepada kelompok tani untuk masa pendaftaran  Tahun 2019.

Pihak PT. Jasindo Medan yang diwakili oleh Ibu Lisa Anggraini menyampaikan bahwa Pembayaran klaim untuk ketiga kelompok diatas adalah pembayaran karena ternak yang diasuransikan tersebut mengalami kematian akibat sakit. “Jika ternak yang diasuransikan mengalami kematian karena sakit maka Pihak Jasindo akan membayar klaim sebesar Rp. 10.000.000”, ujar Lisa. Selanjutnya jika ternak yang sakit dipotong paksa, dan misalnya dagingnya dijual seharga Rp. 3.000.000, maka Jasindo akan membayar klaim sebesar Rp. 7.000.000, sehingga genap Rp. 10.000.000.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Langkat, Nasiruddin, SP didampingi oleh Kasi Usaha Peternakan, drh. Ashadi Mazlan mengajak kepada semua kelompok tani dan para peternak di Kabupaten Langkat untuk memanfaatkan fasilitas Asuransi Ternak dari PT. Jasindo. Hanya dengan membayar premi sebesar Rp. 40.000/ekor/tahun maka jaminan beternak akan semakin aman dan nyaman. “Karena untuk tahun 2019 ini kuota Asuransi Ternak Sumatera Utara hanya 5000 ekor, maka segera daftarkan ternak Bapak/Ibu masuk asuransi” ucap Nasiruddin.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak Tahun 2017, Program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) telah mulai berjalan di Kabupaten Langkat dimana setiap tahunnya terjadi peningkatan ternak yang mengikuti Asuransi. Untuk tahun 2019 ini sampai dengan tanggal 1 April 2019, telah terdaftar 403 ekor ternak sapi melalui jalur subsidi dan 46 ekor ternak sapi melalui jalur mandiri. Mengingat Langkat memiliki populasi sapi terbesar di Sumatera Utara yaitu sekitar 200.000an ekor, maka masih banyak lagi ternak sapi yang harusnya bisa diasuransikan.

Bagikan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *