Langkat Miliki Kawasan Kampung Ternak

LANGKAT MILIKI KAMPUNG TERNAK

Kabupaten Langkat telah memiliki Kampung Ternak yang terletak di Desa Kebun Balok dan Desa Basilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu. Hal ini ditandai dengan diresmikannya Prasasti Kegiatan Integrasi Ternak – Tanaman Tahun 2018 pada Selasa (9/4). Hadir dalam peresmian yang dirangkaikan dengan acara syukuran yaitu Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Propinsi Sumatera Utara, Pihak Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih Galang, Pihak BPTP Sumatera Utara, Camat Wampu, Pihak PT. LNK Kebun Gohor Lama dan seluruh Kelompok Tani Penerima Bantuan Kegiatan Integrasi Ternak – Tanaman dimaksud.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Ketahanan pangan dan Peternakan Propinsi Sumatera Utara, Zubir Harahap, menyampaikan rasa terima kasih telah di undang dalam Kegiatan Peresmian dan syukuran ini. “Terima kasih juga bahwa telah melibatkan semua pihak dalam Pengembangan dan Pembinaan Kawasan Kampung Ternak ini” ucap Zubir. Ini terlihat dari dukungan yang disampaikan perwakilan PT. LNK Kebun Gohor Lama, bahwa mereka siap untuk bersinergi terkait pembangunan peternakan di Kecamatan Wampu khususnya di Desa Kebun Balok dan Besilam Bukit Lembasa.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabuaten Langkat, Nasiruddin, SP meminta kepada semua kelompok penerima bantuan Integrasi Ternak – Tanaman Tahun 2018 senantiasa bersyukur atas bantuan yang didaapat, karena masih banyak kelompok yang sudah memohon tetapi belum kunjung realisasi. “Mari kita manfaatkan dan jaga serta pelihara bantuan yang diperoleh dengan rasa tanggung jawab sehingga bisa menambah kesejahteraan bagi seluruh anggota” lanjut Nasiruddin.

Pada kegiatan peresmian dan syukuran ini dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain pemberian bantuan bibit Hijauan Pakan Ternak (HPT) berkualitas yaitu rumput odot dan indigofera, penyerahan polias asurani dan juga klaim asuransi ternak, peninjauan kandang komunal, demonstrasi mesin chopper dan juga penanaman bibit rumput odot. Juga dierahkan laporan akhir kegiatan oleh Kelompok kepada pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Propinsi sumatera Utara.

Kegiatan Integrasi Ternak – Tanaman Tahun 2018 hanya dilaksanakan di 4 kabupaten di Sumatera Utara. Dalam pelaksanaannya ada beberapa sub kegiatan yaitu pemberian bantuan pakan konsentrat, bantuan obat-obatan hewan, bantuan mesin chopper, bantuan bahan pembangunan kandang komunal dan peningkatan SDM Peternak melalui pelaksanaan Bimtek. Ada 5 kelompok yang tergabung dalam kegiatan ini yaitu Kelompok Tani Lembah Sari Desa Basilam Bukit Lembasa, Kelompok Tani Cinta Tani Desa Kebun Balok, Kelompok Tani Cempaka Desa Kebun Balok, Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Kebun Balok dan Kelompok Tani Sempurna Desa Kebun Balok.

Guna menjamin pembinaan yang berkelanjutan maka pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat meminta kesediaan Pihak Loka Penelitian Sei Putih Galang dan BPTP Sumatera Utara untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kedepannya khususnya terkait teknologi pakan. Penyediaan pakan alternatif yang murah dan mudah didapat tentunya harus dikembangkan seperti pemberian pakan hasil dari fermentasi pelepah kelapa sawit yang diproses menggunakan mesin chopper. (AMZ)

 

Bagikan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *